Alat Wudhu Hemat Air Ala SD Buah Hati Islamic School

water-hand

Pas puasa begini, saat-saat wudhu pas sebelum shalat benar-benar menyegarkan. Basuh tangan, muka, basuh kaki hmmm jadi segar deh. Tapi upss kalau pas wudhu gak hati-hati bisa basah semua nih. Selain basah, kadang kelalaian kita nutup keran bikin air banyak terbuang. 5 kali wudhu sehari, 5 kali basah dan 5 kali boros air. Ahh enggak banget deh. Kan air enggak boleh dibuang-buang, apalagi cadangan air di bumi kan makin tipis. Tapi tenang Sobat Teen, ada alat yang bisa bikin wudhu mu enggak ciprat sana ciprat sini plus hemat air. Sobat Teen dari SD Buah Hati Islamic School, Jakarta Timur menciptakan alat wudhu otomatis. Penemuan ini sudah diuji sehingga beberapa waktu lalu dapat penghargaan lomba science. Nah Kak Wiwik SD Buah Hati Islamic School, Jakarta Timur buat nyoba langsung alat wudhu itu. Simak dalam Cerita Kita berikut ini!

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Wudhu dan boros air. Apa yah hubungannya, Sobat teen? Begini, kamu tau khan kalau wudhu kerap berkaitan dengan air. Nah, banyak  teman-teman kita yang kalau wudhu lupa nutup keran dengan rapet atau nyiprat-nyiprat.

Kebiasaan ini diakui Titi, siswa SD Hudal Islam Bekasi. ” Iya kalau wuhdu nyiprat-nyiprat,” ujar Titi. Menurut Titi, ada temannya yang sering lupa nutup kerap habis wuhdu. Hayo ngaku, kamu kalau habis wudhu pernah juga gak lupa nutup keran?  Wah kalau satu orang wudhu 5 kali sehari sudah berapa banyak air terbuang karena lalai menutup keran ya? Kalau satu sekolah ada 100 orang aja, wah makin banyak lagi dong air yang terbuang. Huwaaa sayang banget kan?  Kan banyak orang-orang yang gak bisa dapat air bersih.

Padasan Wudhu Otomatis

Kejadian kayak begini nih yang kasih ide ke Lala dan temannya Ridho dari SD Buah Hati Islamic School bikin padasan wudhu otomatis. Apa alat wudhu otomatis? Hmmm Lala kasih tahu cara kerjanya dong? “Jika seseorang menginjak landasan tanpa diketahui ia telah menginjak pompa sabun cair yang ada dibawahnya,sehingga memompa udara untuk di bawahnya. Sehingga memompa udara untuk masuk kedalam galon air melalui selang sehingga menekan air untuk mengalir,” jelas Lala.

Wow canggih juga ya. Trus kucuran air pada padasan atau alat wudhu ini juga menutup otomatis kalau wudhu selesai. Kucuran air yang lurus juga bikin acara wudhu gak banyak ciprat sana sini. Hihihi Lala dan Ridho hebat banget deh ciptaannya

Eits ada yang lebih hebat. Padasan wudhu otomatis ini juga dibuat dari alat dan bahan sederhana yang mudah banget kita temui di sekitar kita.  “Lubangi galon dengan soldier lalu pasang keran air ke galon, lalu lubangi tutup galon dengan soldier lalu pasang pentil ban pada lubang yang telah dibuat di tutup galon air, lalu lem tutup galon dengan lem tembak kemudian pasang selang aquarium ke pentil ban. Lalu pasang pompa sabun cair di landasan lalu sambungkan selang aquarium ke pompa sabun cair lalu isi galon dengan airm dan pasang tutup galon ke galon air,” jelas Ridho.

Wow ternyata buatnya gampang ya. Pembuatannnya gampang, idenya sederhana, tapi hasilnya luar biasa. Coba bayangkan berapa banyak air yang bisa dihemat oleh alat ini. Coba kalau semua tempat wudhu pakai alat ini ya? Tapi kayaknya mesti sabar dulu deh. Salah seorang guru yang juga pembimbing club science di SD Buah Hati Islamic School bilang kalo alat tersebut masih harus disempurnakan jadi belum bisa diperbanyak.

“Master project aja. Jadi cuma sampel, untuk pengembangan ke depannya, kita bisa kombinasikan dengan galon-galin yang lebih besar, sampai dengan 50 liter air. Kalo galon itu kan cuma 12 liter paling cukup untuk sekitar 10 orang. Sementara kalo buat sholat berjamaah kan ini siswanya ada 600, itu kurang, jadi kedepan bisa kita perbesar penampungannya,” ujar Pak Dani.

Wow jadi gak sabar yah menunggu hasil penyempurnaan alat ini.

Nah, Sobat Teen tahu enggak kalau ide sederhana Lala dan Ridho ini menghantarkan mereka berdua menjuarai lomba science loh. Ide cerdas dan bermanfaat ini lahir dari ide yang sederhana banget kan? Kamu pasti juga bisa begitu. Ayo amati sekitarmu! (Kak Wiwik/ KBR68H)

About the author:

teenvoice

. Follow him on Twitter / Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>